Pengaruh Inovasi Layanan, Daya Tarik Promosi, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Credit Union Lantang Tipo Kantor Cabang Sekadau

Authors

  • Petronela Desi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi layanan, daya tarik promosi dan nilai pelanggan terhadap keputusan  menjadi anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota  Credit Union Lantang Tipo Kantor Cabang Sekadau. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive sejumlah 113  responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan novasi layanan, daya tarik promosi dan nilai pelangganberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan  menjadi anggota.

References

Antanegoro, Yordan dkk. 2017. Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa. Vol. 1 (2).

Febriyanti. 2016. Pengaruh Celebrity Endorse dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Jurnal Ilmu dan Riset Managemen. Vol. 5, No. 5, 2016.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi ke-duabelas Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Makmur & Thahier, Rohana. 2015. Inovasi dan Kreativitas Manusia, Bandung: PT. Refika Aditama.

Muslichati, Ela Zakiya, and Sri Wartini. "Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Buah Hati Kudus." Management Analysis Journal 4.4 (2015).

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles