Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Sektor Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Firlinda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 perusahaan sektor konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang sudah IPO sebelum tahun 2016 dan perusahaan yang tidak berstatus suspend sehingga diperoleh 61 perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Data diakses dari situs resmi BEI. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, serta uji hipotesis. Alat bantu analisis yang digunakan adalah SPSS 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan sedangkan struktur modal berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan.

References

Luckieta, M., Amran, A., & Alamsyah, P.D. (2021). Pengaruh DAR dan Ukuran Perusahaan yang terdaftar di LQ45 pada BEI. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 17-23.

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Rambe, I., Arif, M., & Tupti, Z. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt Equity Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(2), 147-161.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sawir, A. (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles