Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Non-Cyclicals Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Wisnu Hadi Saputra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perusahaan akan berusaha memaksimalkan nilai perusahaan melalui pengelolaan yang tepat. Kemampuan perusahaan dalam mencetak laba dan struktur modal optimal menjadi tolak ukur bagi investor untuk menanamkan modalnya ke dalam perusahaan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan serta mengetahui kemampuan firm size dalam memoderasi antar variabel tersebut. Data penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2017 s.d 2021. Kriteria yang ditentukan pada penelitian ini adalah perusahaan sektor industri Non-Cyclicals yang IPO sebelum tahun 2017 dan perusahaan yang tidak berstatus suspend. Metode Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear, uji F, uji t, uji koefisien determinasi dan uji variabel moderasi (Moderated Regression Analysis). Hasil menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan firm size mampu memoderasi profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan.

References

Suharli. (2016). Studi Empiris terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Maksi, 6(2), 23-41.

Sujoko. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Strategi Diversifikasi, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik pada Perusahaan Manufaktur dan NonManufaktur di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 12(2), 236–254.

Suwardika, I. N. A., & Mustanda, K. I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248-1277.

Tiwi, H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal manajemen Bisnis, 22(3), 325-336.

Tjiptono D., dan Hendy M. F. (2011). Pasar Modal di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Warsono (2010). Prinsip-prinsip dan Praktik Keuangan Pribadi. Jurnal ekonomi manajemen, 13(2), 137-152.

Welly, Y., Susanti, E., & Azwar, K. (2019). Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan serta Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Akuntansi, 5(2), 1-10.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles