Pengaruh Debt To Equity Ratio, Firm Size, Total Asset Turnover, Dan Return On Equity Terhadap Price To Book Value Pada Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Dian Yustika Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh debt to equity ratio, firm size, total asset turnover, dan return on equity terhadap price to book value pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal asosiatif. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria: (1) Perusahaan yang telah IPO sebelum tahun 2017, (2) Perusahaan tidak mengalami suspend pada tahun pengamatan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 45 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian korelasi dan koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio, firm size, total asset turnover, dan return on equity berpengaruh positif terhadap price to book value. Kemampuan variabel debt to equity ratio, firm size, total asset turnover, dan return on equity dalam menjelaskan variabel price to book value sebesar 33 persen dan sisanya sebesar 67 persen dijelaskan oleh faktor diluar penelitian ini.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Hauteas, Oniber Subana & Muslichah. (2019). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(2), 177-192.

Hery. (2019). Analisis Laporan Keuangan: Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Gramedia Widasarana Indonesia.

Hirdinis, M. (2019). Capital Structure and Firm Size on Firm Value Moderated by Profitability. International Journal of Economics and Business Administration, 7(1), 174-191.

Hulasoh, Rini & Mulyati, Henny. (2021). Pengaruh Total Asset Turnover, Return on Investment dan Price Earning Ratio terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 19(2), 60-67.

Irfani, Agus S. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniasih, Retno; Jaryono; & Najmudin. (2012). Pengaruh Kinerja terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi. Performance Business & Management Journal,15(1), 1-13.

Mardiyati, Umi; Ahmad, Gatot Nazir; & Putri, Ria. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-17.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles