Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sunlight Pada PD Andhika Primajaya Di Kota Pontianak

Authors

  • Vistania Marsella Gavriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tingginya minat pelanggan Indonesia terhadap kebutuhan akan cairan pembersih perabotan memasak, memberikan peluang bagi toko-toko untuk menjual berbagai cairan pembersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, daya tarik iklan, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 170 responden. Instrumen pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Data dianalisis dengan bantuan program analisis SPSS versi 26. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan variabel kualitas produk, daya tarik iklan, dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk Sunlight pada PD Andhika Primajaya di Kota Pontianak sebesar 11,7% sedangkan 88,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Eka, R. & A.R. Saliman. (2001). Periklanan Yang Efektif. Jurnal Ekonomi Perusahaan Vol. 8, No. 2.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek Dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Garvin, D.A. (1998). Managing Quality. New York: The Free Press.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Indiarto, F. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 5, No. 3.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles