Analisis Pengaruh Business Risk, Likuiditas Dan Capital Expenditure Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Aureliana Bupu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh business risk, likuiditas, dan capital expenditure terhadap struktur modal pada Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumenter. Data yang digunakan berupa data sekunder yang dikumpulkan dari laporan keuangan perusahaan dari tahun 2016 sampai dengan 2020. Data tersebut diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia, pengolahan  data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel business risk berpengaruh negatif terhadap struktur modal, current ratio berpengaruh positif terhadap struktur modal, sedangkan capital expenditure tidak berpengaruh.

References

Rustam, B.R. (2018). Manajemen Risiko: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Seftianne dan Handayani. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13 (1), pp. 39-56.

Sheikh, N., Ahmed, L., and Wang, Z. (2011). Determinants of Capital Structure an Empirical Study of Firms in Manufacturing Industry of Pakistan. Managerial Finance, 37 (2), pp. 117-133.

Syamsuddin. (2012). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wijaya, M. dan Hadianto, B. (2008). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran, Likuiditas, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Ritel di BEI: Sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7 (1). pp. 71-82.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Yunita, S. dan Aji, T.S. (2018). Pengaruh Likuiditas, Tangibility, Growth Opportunity, Risiko Bisnis, Dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu Manajemen, 6 (4), pp. 409-411.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles