Analisis Pengaruh Current Ratio, Working Capital Turnover, Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Hellen Santaria Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh current ratio, working capital turnover dan debt to equity ratio terhadap return on asset. Populasi pada penelitian ini menggunakan Perusahaan Subsektor Telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 dengan total 12 perusahaan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan telah terdaftar di BEI, (2) perusahaan telah mempublikasikan laporan keuangan tahunan secara lengkap. Diperoleh 10 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel dari 12 perusahaan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Pengolahan data menggunakan program Statistical Product and Services Solution (SPSS) versi 26. Teknik analisis dan pengujian data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas, serta uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa current ratio berpengaruh positif terhadap return on asset, working capital turnover tidak berpengaruh terhadap return on asset, dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on asset.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Prakoso, R.G.P. & Chabachib, M. (2015). Analisis Pengaruh Current Ratio, Size, Debt to Equity Rasio, dan Total Asset Turnover terhadap Dividend Yield dengan Return on Asset sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Marketing, 5(2), 1-14.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Rusli, J. & Yolanda. (2017). Pengaruh Working Capital Turnover dan Debt To Equity Ratio terhadap Return On Assets pada PT Kalbe Farma dari Tahun 2003-2015. Jurnal Manajemen FE-UB, 5(1), 122-137.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles