Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Inovasi Layanan, Dan Citra Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Supermarket Kaisar Siantan Di Pontianak

Authors

  • Dian Lestari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah membangun kerangka model konseptual mengenai hubungan antara variabel daya tarik lokasi, inovasi layanan, dan citra toko dalam meningkatkan minat beli masyarakat pada Supermarket Kaisar Siantan. Penelitian ini penulis menggunakan bentuk penelitian dengan metode kausalitas. Metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik multivariate. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kota Pontianak yang pernah berbelanja di Kaisar Siantan Pontianak yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan kriteria tiga kotak (Three-Box Method) dengan software SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan daya tarik lokasi tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen, inovasi layanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen dan citra toko berpengaruh terhadap minat beli konsumen Supermarket Kaisar Siantan. Secara simultan daya tarik lokasi, inovasi layanan, dan citra toko berpengaruh terhadap minat beli konsumen Supermarket Kaisar Siantan sebesar 9,8%, sedangkan sisanya sebesar 90,2% dipengaruhi faktor lainnya diluar penelitian ini.

References

Dhewanto, W., Mulyaningsih, H.D., Permatasari, A., & Aneka, G.A.I. (2014). Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Fabuari, A. & Syaifullah. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen John’s Bakery di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(2), 85-94.

Fikri, M.K., Filzah A., & Imani, M.F. (2022). Pengaruh Kreatifitas, Inovasi dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(1), 117-139.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Hardiansyah, R. (2019). Pengaruh Suasana Toko, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli di Toko Roti Morning Bakery. Jurnal Bening Prodi Manajemen, 6(1), 214-223.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles