Pengaruh Budaya Organisasi Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Borneo Pontianak

Authors

  • Chindy Verta M. One Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan organizational citizenship behavior terhadap Kinerja karyawan pada Hotel Borneo Pontianak.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan Hotel Borneo Pontianak barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22 . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa budaya organisasi dan organizational citizenship behavior Hotel Borneo Pontianak yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan.

References

Afandi, P. (2016). Concept & Indicator "Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Kalsum, U., Ahmad, L. A., & Andisiri, W. S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pelaksana Di Rumah Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1-9.

Lim, A.T. & Lianto. (2024). Ethical Leadership in the Eyes of Gen Z: A Literature Review. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 83-96.

Nisa, D. K., B. S., & Azhad, M. N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Organizatioal Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Tk. III Baladhika Husada Jember. International Journal of Science and Business, 108-144.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles