Pengaruh Orientasi Pesaing, Daya Tarik Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Makanan Ringan Di Kota Pontianak

Authors

  • Jennifer Angelica Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi bersaing, daya tarik produk dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM makanan ringan dikota Pontianak Penenlitian ini merupakan penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini analisis data menggunakan purposive sampling dengan menggunakan skala rating dan diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan menyimpulkan bahwa orientasi pesaing, daya tarik produk dan harga kompetitif yang diteliti menggunakan uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi, uji f dan uji t terhadap variabel kinerja pemasaran UMKM makanan ringan dikota Pontianak. Para pelaku usaha diharapkan agar menerapkan serta mempertahankan atau pun meningkatkan orientasi pesaing, daya tarik produk dan harga kompetitif pada usaha yang mereka jalani, hal ini bertujuan untuk dapat bersaing dengan pesaing lainnya yang terus berkembang dari waktu ke waktu serta meningkatkan kinerja pemasaran dengan meningkatkan volume penjualan dari produk yang ditawarkan agar dapat memajukan usaha pemilik UMKM makanan ringan.

References

Bangsawan, S. (2015). Pemasaran Usaha Kecil. Edisi Pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu. ISBN : 978-602-262-581-6.

Dharmawati. M. D. HJ. (2016). Kewirausahaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Harini. C. & Yulianeu. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang Melalui Strategi Penetrasi Pasar. Semarang: Universitas Pandanaran.

Hidayatullah, S., Firdiansjah, A., & Patalo, G.R. (2019). Peningkatan Kinerja Pemasaran Dengan Entrepreneurial Marketing dan Keunggulan Bersaing. Jawa Timur : Uwais Inspirasi Indonesia.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kotler & Armstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jili 2, Edisi 9, Jakarta : Erlangga. Misbahuddin & Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Edisi ke-2, cetakan ke-2. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles