Analisis Pengaruh Return On Assets, Net Profit Margin, Dan Earning Pershare Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Keuangan Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Feren Nando Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, net profit margin, dan earning pershare  terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Sektor Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model regresi linear berganda dan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 perusahaan, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang melakukan initial public offering sebelum tahun 2016 yang berjumlah 87 perusahaan. Tahapan analisis data dilakukan dengan analisis statistik dekskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F, serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh negatif nilai perusahaan sedangkan net profit margin dan earning pershare berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Fahmi, Irham. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta: Bandung.

Hanafi, Mamduh. M., Halim, Abdul. (2016). Analisis Laporan Keuangan Edisi ke-5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harmono. (2011). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis, Edisi kesatu. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Melayu, S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Hermuningsih, Sri. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Lecturer at Economic Department, University of Sarjanawiyata Taman siswa Yogyakarta.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles