Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Barang Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Mitra Jaya Pontianak

Authors

  • Vincent Lim Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan tingkat pembelian pada minimarket Mitra Jaya yang berfluktuatif. Bagaimana tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan dan kelengkapan barang yang ditetapkan minimarket sehingga membuat pelanggan ingin melakukan pembelian pada minimarket tersebut. Bentuk penelitian adalah bentuk penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan transaksi di Minimarket Mitra Jaya dengan jumlah sampel 110 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian (uji f) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kelengkapan barang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kelengkapan barang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Schiffman, G.L. & Wisenbilt, J. (2019). Consumer Behavior. New York: Pearson Education.

Setiawan, D. & Maskan, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Semoga Jaya Mandiri. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 62 – 67.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Statisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, W. C. (2017). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Widodo, T. (2016). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Disertasi STIE AMA Salatiga, Salatiga.

Yani, S. D. & Zaini, A. (2017). Pengaruh Faktor Lokasi dan Kelengkapan Produk Terhadap Pembelian Ulang Pada Ramayana Department Store di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 415 – 420.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles