Pengaruh Bauran Produk, Store Atmosphere Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak

Authors

  • Kristiana Pebrianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran produk, store atmosphere dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak yang tidak diketahui jumlahnya dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Peneliti menggunakan bentuk penelitian mode kausalitas dengan teknik pengumpulan data menggunakan cara menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi berganda, uji F dan uji t. Data penelitian ini adalah menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini adalah menyatakan terdapat hubungan lemah antar variabel, bauran produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, store atmosphere  berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan daya tarik promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Ramadhan, S., (2016) Pengaruh Bauran Produk Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Chocodot. E-proceeding Of Applied Science, Vol.2, No.2 Agustus, Page 458.

Rokim, M.A., Lubis. N., Wijayanto, A. (2013) Pengaruh Harga, Bauran Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Pasaraya Ratu Semarang. Diponegoro Journal Of Social.

Rustini. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Produk Terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan. Majalah Ilmiah Institut STIAMI. 8(10).

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sopiah & Sangadji. E.M. (2016). Salesmanship Kepenjualan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yunita, N. (2021) Analisis Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hoka-Hoka Bento Medan. Jurnal Manajemen Tools, Vol. 13, No. 1, Hal 52-58.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles