Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Citra Lembaga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota CU Bonaventura Di Singkawang Timur

Authors

  • Emiliarty Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini berpengaruh untuk mengidentifikasi pengaruh word of mouth, citra lembaga, dan kualitas layanan terhadap keputusan menjadi anggota. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh anggota CU Bonaventura di Singakawang Timur sedangkan sampel yang diambil sebanyak 123 anggota yang dihitung dengan menggunakan metode Slovin. Proses analisis dilakukan dengan pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan word of mouth, citra lembaga, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Roy, P.P. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul . Jurnal Organisasi Manajemen.

Rusdian, S., & Putri, A.O. (2020). Pengaruh Corporate Social Resposibility Terhadap Citra Perusahaan. Prismakom, Karawang.

Soemirat, S. (2012). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwatno, H. (2018). Pengantar Public Relataions Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogayakarta: Andi.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles