Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada CU Pancur Kasih TP Balai Sebut Kabupaten Sanggau

Authors

  • Wihelmus Boy Jodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap  keputusan menjadi anggota pada CU Pancur Kasih TP Balai Sebut Kabupaten Sanggau baik  secara simultan maupun secara parsial. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah anggota CU Pancur Kasih TP Balai Sebut yang menggunakan produk Simpanan Sa’aleatn (SS). Untuk menentukan sampel dengan menggunakan teknik  purposive sampling yang artinya teknik pengambilan sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota populasi) untuk dipilih menjadi sampel dan metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah Simple Random Sampling dan pada penelitian ini penulis menentukan sampel sebanyak 120 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25 tahun 2018. Metode penelitian  menggunakan  metode kuantitatif dan studi yang diangkat adalah kausalitas dengan teknik  analisis  data  regresi  linear  berganda. Hasil analisis uji F (Simultan) dan uji t (Parsial) pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan keputusan menjadi anggota pada CU Pancur Kasih TP Balai Sebut. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pada CU Pancur Kasih TP Balai Sebut Kabupaten Sanggau.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Quality and Satisfaction. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014 Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang. Jakarta

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6. thed. Boston: Mc.Graw-Hill.2013.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles