Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Dan Kebijakan Utang Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Kesehatan Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Fransiska Aprilia Selly Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara profitabilitas, kebijakan dividen, dan kebijakan utang terhadap harga saham. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari www.idx.co.id.  Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 perusahaan. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dengan kriteria Perusahaan Sektor Kesehatan yang melakukan IPO (Initial Public Offering) di Bursa Efek Indonesia sebelum tahun 2015 dan perusahaan yang melakukan pembayaran dividen setiap tahun. Pengujian data dilakuka pada tujuh perusahaan dengan jumlah empat puluh dua data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis pengaruh dan pengujian hipotesis. Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh hasil profitabilitas dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan kebijakan utang berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Savira, B. A., Rinofah, R., & Marjono, M. (2020). Pengaruh Arus Kas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Di Indonesia Dengan Financial Distress Sebagai Variabel Moderasi. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17(1).

Silvia, B., & Ardini, L. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham Pada Indeks LQ-45. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(2).

Solikhin, A., & Mirdah, A. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi‎ Pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)‎. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 3(5), 1-15.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Sumiati & Indrawati, N. K. (2019). Manajemen Keuangan Perusahaan. Malang: UB Press.

Suryana, L. Y., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Pt Bukit Asam Tbk Periode 2010–2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 1(2), 90-96.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles