Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Asset Dan Total Asset Turnover Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertanian Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Krensensia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh debt to equity ratio, return on asset dan total asset turnover terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sektor Pertanian. Populasi dalam penelitian ini menggunakan Perusahaan Sektor Pertanian di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah 21 perusahaan dan sampel berjumlah 16 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria, yaitu perusahaan sektor pertanian yang Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia sebelum tahun 2016 dan perusahaan yang tidak mengalami suspend. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Return on asset berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Total asset turnover tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Brigham., & Houston. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Fahmi, I. (2014). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta

Gitman, L. J., & Zutter, C. J. (2012). Principles of Managerial Finance. Boston: Pearson

Halimah, S. N., & Komariah, E. (2017). Pengaruh ROA, CAR, NPL, LDR, dan BOPO terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Umum. Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, 5 (1)

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Press

Harmono. (2017). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Jakarta: Bumi Aksara

Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan melalui Kualitas Laba. Surabaya: Sucifindo

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Press

Khairunnisa, T. (2019). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Assets, Assets Growth, Current Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan. 14 (1) : 31-44.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles