Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor KSP Credit Union Pancur Kasih Di Pontianak

Authors

  • Fransiskus Hu Go Jeri Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan pada Kantor KSP Credit Union Pancur Kasih di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif. Teknik dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dengan sampel sebanyak seratus delapan (108) orang karyawan pada Kantor KSP Credit Union Pancur Kasih di Pontianak yang menjadi responden untuk penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor KSP Credit Union Pancur Kasih di Pontianak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik lingkungan kerja dan pelatihan kerja, maka semakin baik pula kinerja karyawan.

References

Hartomo, N.K. & Luturlean, B.S. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. E-Jurnal Ilmiah MEA, 4(1),200-207.

Kaswan. (2016). PELATIHAN dan PENGEMBANGAN Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: ALFABETA.

Lim, A.T. & Lianto. (2024). Ethical Leadership in the Eyes of Gen Z: A Literature Review. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 83-96.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Mathis, R.L. & Jackson, J.H. (2006). Human Resource Management: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Jakarta: Salemba Empat.

Rosa, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PTPN VI Unit Ophir Sariak. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 3(2).187-197.

Sopiah & Sangadji, E. M. (2018). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK. Yogyakarta. CV. ANDI OFFSET.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen.Bandung: Alfabeta.

Sukardi, F. & Rosaly Fransiska. (2020). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2).110-121.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles