Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kapabilitas Inovasi Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Makanan Ringan Di Pontianak

Authors

  • Hansen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikasn dari orientasi pelanggan, kapabilitas inovasi, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM makanan ringan di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas dengen menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak seratus (100) yang merupakan pelaku UMKM makanan ringa di Pontianak. Pentgujian data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi pelanggan, kapabilitas inovasi, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM makanan ringan di Pontianak. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik orientasi pelanggan, kapabilitas inovasi, dan keunggulan bersaing, maka semakin baik pula kinerja pemasaran.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarmen, P., Sularso, A., & Wulandari, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (Gupalas) Pabrik Gula Semboro Ptp Nusantara Xi (Persero). Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen 12(1), 67..

Sulistyo, H., & Wuryanti. (2018). Model Pengembangan Kapabilitas Knowledge Management Dan Collaboration Management Umkm Industri Kreatif. Semarang: Unissula Press.

Susenohaji., & Marwardi.K. (2021). Inovasi Dan Kreativitas Pengembangan Produk. Brawijaya: Universitas Brawijaya.

Widyastuti, S. (2018). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Solusi Menembus Hati Pelanggan. Jakarta Selatan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Press.

Wiranata, S.S., & Syarkani.Y. (2021). Inovasi Produk (Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Koordinasi Lintas Fungsi). Jawa Barat: Cv. Jejak.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles