Analisis Pengaruh Kapabilitas Inovasi, Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Bidang Fashion Wanita Di Daerah Pontianak

Authors

  • Vivi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk memperjelas seberapa besar pengaruh kapabilitas inovasi terhadap keunggulan bersaing pada perkembangan UMKM fashion di kota Pontianak. (2) untuk memperjelas apakah diferensiasi produk berpengaruh dengan keunggulan bersaing UMKM fashion di kota Pontianak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung kepada pelaku usaha. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 108 UMKM di bidang fashion wanita di daerah Pontianak. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versiĀ  22.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Mulyana, Sutapa.(2014). Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Melalui Pendekatan Quadruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion. ISSN: 1412-1700.

Nugroho, Rizky A., Wahyudi, Edy., & Wahyuni, Sri. (2013). Identifikasi Kapabilitas Inovasi dan Strategi Bersaing Sentra Usaha Kecil Logam Winongan di Kabupaten Pasuruan. Jember: Universitas Jember.

Nurhayati, Dies & Khodijah, Siti. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) Batik Tulis di Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 10(1), 18-20.

Rio F. Wilantara. (2016). Strategi Dan Kebijakan Pengembangan UMKM (Upaya meningkatkan daya saing UMKM nasional di Era MEA). Bandung.

Santika, Dewi. (2021). Strategi Keunggulan Layanan, Kapabilitas Inovasi dan Daya Tarik Promosi dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Sektor Kuliner Selama Pandemi di Kota Pontianak. ISSN: 2775-8516.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles