Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Lokasi Strategis Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Credit Union Banuri Harapan Kita Pada Desa Pusat Damai Di Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau

Authors

  • Felisia Carissa Novela Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan lokasi strategis terhadap keputusan menjadi anggota. Objek pada penelitian ini adalah Credit Union Banuri Harapan Kita di Desa Pusat Damai. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukungan penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kausalitas dan menggunakan pengukuran skala likert. Data yang didapatkan oleh peneliti lalu diproses menggunakan bantuan program SPSS 25 (Statistical Product and Service Solution) pada komputer. Hasil uji F pada penelitian ini menunjukan bahwa  variabel kualitas layanan, kualitas produk dan lokasi strategis terhadap keputusan menjadi anggota dari F hitung sebesar 334,217 lebih besar dari 2,54. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, kualitas produk dan lokasi strategis berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Ulfa, D. & Sulistyorini, U. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Kembali. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 8. No. 1. Januari 2018

Ummah et al. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen. Malang 2013.

Wiharso, G. & Alexandri, M. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan pada Bank Syariah Bank Mandiri Cabang Bogor. Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 3. No. 3. Bogor.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles