Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Cash Holding Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Hanny Oktavia Yolandasari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan cash holding terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini dari tahun 2016 sampai tahun 2020 berjumlah 103 Perusahaan Sektor Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia dengan sampel penelitian sebanyak 60 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder. Analisis data dengan permodelan regresi linear berganda yang berbasis Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan cash holding berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kemampuan keempat variabel tersebut dalam memberikan penjelasan terhadap perubahan nilai perusahaan pada Perusahaan Sektor Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia sebesar 14,4 persen.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Rompas, G.P. (2013) Likuiditas, Solvabilitas, dan Rentabilitas terhadap Nilai Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi,1(3),252-262.

Sadewo, F.B.S., & I Nyoman, N.AP. (2022) Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intevening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Sektor Industri Barang Konsumsi Indonesia Periode 2015-2019). Jurnal Magister Manajemen Unram, 11(1), 39-55.

Susanti, N.L. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Studi pada Emiten Sektor Manufaktur di BEI. Jurnal Akuntansi, 7(2), 43-53.

Sutrisno. B. (2017). Hubungan Cash Holding dan Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika dan Bisnis, 4(1), 45-56.

Wijaya, A., Stella A., Meiliany. I., & Tetty. T.U.S. (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan di BEI. Niagawan, 15(1), 60-76.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles