Reaksi Pasar Seputar Pengumuman Stock Split Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Peli Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Aktivitas perdagangan yang terjadi di bursa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu corporate action. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi seputar pengumuman stock split pada 33 perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan dengan uji beda pada rata-rata abnormal return dan trading volume activity pada lima hari sebelum dan sesudah pengumuman stock split. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumuman stock split tidak berpengaruh baik pada abnormal return maupun pada trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman stock split.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Hastuti, A.W., & Sudibyo, B. (1998). Pengaruh Publikasi Publikasi Laporan Arus Kas Terhadap Volume Perdagangan Saham Perusahaan di Bursa Efek Jakarta. The Indonesian Journal of Accounting Research, 1(2).

Iramani. & Muazaroh. (2006). Analisis Kinerja Keuangan, Kemahalan Harga Saham, dan Likuiditas pada Pemecahan Saham. 9(1). 45-59.

Rumanti, F.A., & Moerdiyanto. 2011. Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) terhadap Return dan Trading Volume Activity (TVA) Saham Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles