Analisis Pengaruh Keunggulan Bersaing, Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kuliner Di Kota Pontianak

Authors

  • Noberti Muni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing, orientasi pasar dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha  Umkm kuliner Di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel keunggulan bersaing, orientasi pasar dan Nilai Pelanggan UMKM kuliner di Kota Pontianak yang diuji menggunakan uji korelasi, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Kohli, Ajay, Bernard. (2015). “Market Orientation: The Construct, Research Propotions, And Managerial Implications”. Journal of Marketing, Vol 54 (April).

Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran (Judul Asli: Marketing Management) Edisi Satu Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Pertiwi, Yunita, dan Siswoyo, B. (2016). ”Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu”.

Sanusi, A. (2014). Metode Penelitian Bisnsi. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, H. (2016). “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil Di Kota Palembang”. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VIII, ISSN: 2085-1375 (November).

Utaminingsih, A. (2016). “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara”. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, Volume 31 No. 2 (Juli).

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles