Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Intensitas Modal, Dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Vita Feronika Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh dari pengungkapan corporate social responsibility, intensitas modal, dan leverage terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 hingga 2020. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan jenis data kuantitatif dan sumber data yang berupa data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 hingga 2020, yaitu sebanyak 87 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria, yaitu a) perusahaan menyediakan laporan tahunan atau laporan keberlanjutan dan laporan keuangan secara lengkap dari tahun 2016 hingga 2020; b) perusahaan memperoleh laba positif berturut-turut selama periode 2016 hingga 2020; c) laporan keuangan pada perusahaan disajikan dengan menggunakan satuan rupiah. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka diperoleh sebanyak 29 perusahaan dari 87 perusahaan yang ada. Periode penelitian adalah selama 5 tahun, sehingga diperoleh sebanyak 145 sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan dari program statistical product and service solutions (SPSS) versi 22. Hasil penelitian memperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,237 atau 23,7 persen yang berarti pengungkapan corporate social responsibility, intensitas modal, dan leverage mampu mempengaruhi agresivitas pajak sebesar 23,7 persen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan intensitas modal dan leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

References

Susiloadi, P. (2008). Implementasi Corporate Social Responsibility untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Administrasi Publik Negara, 4(2), 123–130.

Suyanto, K.D. & Supramono. (2012). Likuiditas, Leverage, Komisaris Independen, dan Manajemen Laba terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 16(2), 167–77.

Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Zainuddin & Anfas. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, dan Capital Intensity terhadap Penghindaran Pajak di Bursa Efek Indonesia. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 3(2), 85-102.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles