Pengaruh Solvabilitas Dan Rasio Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Gianina Sinlia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi menjadi salah satu tujuan yang perlu dicapai sebab dengan meningkatnya nilai perusahaan maka kesejahteraan pemilik perusahaan juga akan ikut meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh solvabilitas, rasio aktivitas terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menganalisis enam puluh Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Primer di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Model penelitian dengan fixed effect dan random effect model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh negatif, (2) profitabilitas memiliki peran mediasi pengaruh solvabilitas terhadap nilai perusahaan namun tidak memediasi pengaruh aktivitas terhadap nilai perusahaan.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, H., Suratno H., & Suyanto. (2016). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover dan Inflasi terhadap Return on Asset. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 2(2), 16-27.

Susilaningrum, C. (2016). Pengaruh Return on Assets, Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Winarto, J. (2015). The Determinants of Manufacturer Firm Value in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Information, Business and Management, 7(4), 323-349.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles