Pengaruh Perputaran Piutang, Profitabilitas, Dan Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Subsektor Makanan Dan Minuman Di BEI

Authors

  • Jennifer Wirawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat perputaran piutang, profitabilitas, dan dividend payout ratio (DPR) terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori yang bersifat asosiatif. Pengumpulan data dalam penelitian melalui studi dokumenter dengan perolehan data sekunder berupa laporan keuangan yang telah diaudit dan diakses melalui website resmi Bursa Efek Indonesia maupun website resmi perusahaan. Kriteria pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 35 data sampel penelitian. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan perputaran piutang dan dividend payout ratio (DPR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan tingkat profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Permata, Silvia Irene, Kertahadi, & Topowijono. (2013). Penilaian Saham dengan Menggunakan Metode Price Earning Ratio (PER) dan Price Book Value (PBV). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2(1), 68.

Solihin, Deni. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Politeknik, 2(2), 102.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sutama, D. R. & Lisa, E., (2018). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, 10(1), 21-39.

Tahu, Gregorius Paulus. (2018). Anteseden Kebijakan Dividend dan Implikasinya pada Nilai Perusahaan. Bali: Noah Aletheia.

Utami, Asri Pawestri Setyo & Darmayanti, Ni Putu Ayu. (2018). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages. E-Jurnal Manajemen UNUD, 7(10), 5719-5747.

Wira, Variyetmi. (2021). The Effects of Financial Performance toward Firm Value on Tourism, Hotel and Restaurant, and Transportation Sectors Listed on Indonesia Stock Exchange. Jurnal Inovasi Bisnis, 9, 141-149.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles