Analisis Pengaruh Net Profit Margin, Total Asset Turnover Dan Debt To Asset Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perindustrian Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Palentina Milenita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh net profit margin, total asset turnover, dan debt to asset ratio terhadap nilai perusahaan sektor perindustrian di Bursa Efek Indonesia. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, mengelola aset yang dimiliki dengan efektif, dan tingkat penggunaan hutang oleh perusahaan akan mempengaruhi prospek perusahaan dimasa mendatang yang kemudiaan akan mempengaruhi nilai perusahaan. Periode penelitian selama 5 tahun yaitu 2016 sampai dengan 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah lima puluh perusahaan dan sampel berjumlah tiga puluh tujuh perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai adjusted R square sebesar 0,144 atau 14,4 persen. Artinya bahwa sebesar 14,4 persen variabel price to book value (PBV) dipengaruhi oleh net profit margin (NPM), total asset turnover (TATO), debt to asset ratio (DAR), dan sisanya sebesar 85,6 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel NPM, TATO, dan DAR berpengaruh signifikan terhadap price to book value (PBV). Hasil uji t yaitu variabel NPM, TATO, dan DAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap price to book value (PBV).

References

Suganda, T.R. (2018). Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal Indonesia, Edisi Pertama. Malang: CV Seribu Bintang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tikawati. (2016). Pengaruh Corporate Governance, Growth Opportunity dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Samarinda. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 121-140.

Wildan, M.M., Manaf, C., & Chaidir. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017. Universitas Pakuan, Bogor.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles