Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Credit Union Usaha Kita

Authors

  • Yuvensius Kurnia Kasih Putra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hasil dari kuantitas dan kualitas yang ingin dicapai oleh karyawan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang sebuah pekerjaan yang dikerjakan. Kinerja yang baik ditopang oleh kompetensi setiap individu karyawan yang ada di perusahaan, sesuai dengan kemampuan serta pengetahuan dan keahlian yang diharapkan dengan cepat menyelesaikan tugas yang ada, serta mendapat rangsangan dari motivasi kerja tentang suatu kebutuhan dan keinginan berada dalam diri karyawan yang harus cepat terpenuhi agar tercapainya kepuasan itu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta studi dokumenter. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 orang responden yang diambil dari karyawan Credit Union Usaha Kita. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan structural equation modeling(SEM) dengan analisis partial least squares(PLS). Alat analisis data dalam penelitian ini adalah SmartPLS 3.0. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji model pengukuran(Uji convergent validity, uji discriminant validity, uji cronbach alpha dan composite reliability), Uji model Struktural (R-square, Q-square, serta GOF), Uji efek mediasi, dan Uji hipotesis. Dari hasil yang uji yang telah dilakukan terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan dengan motivasi sebagai variabel mediasi.

References

Junaidi, J., & Mirasanti, L. (2020). Pengaruh Tunjangan Kinerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kantor Camat Di Kota Pagar Alam. Jurnal Ekonomia, 10(2), 66-81.

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Mangkunegara, A.P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priambodo, S. (2019). Pengaruh Motivasi sebagai Mediasi Kepemimpinan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT.PLN (Persero) Area Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4), 1118-1128.

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat: Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tannady, H (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Expert

Zainal, V.R., Ramly, M., Muthis, T., & Arafah, W. (2018) . Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik, Edisi Ketiga. Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles