Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Mahkota Pontianak

Authors

  • Vida Devia Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan hotel grand mahkota di pontianak. Bentuk penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data yang dihitung dengan menggunakan skala Likert. Populasi dari penelitian ini sebanyak 80 responden pada hotel grand mahkota di pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling jenuh. pembahasan menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji f, uji t dan uji koefesien determinasi. Model pengujian yang digunakan menggunakan sofware SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji f secara simultan variabel kompetensi, motivasi dan disiplin kerja  berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan. Sedangkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan hanya variabel motivasi dan disiplin kerja yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Jufrizen, J. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Prosiding: The National Conference Management And Business (NCMAB).

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Mangkunegara, A, P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke Tujuh. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, S.P & Judge, T.A. (2018). Perlaku Organisasi. Cetakan Ke-7. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sutrisno, E (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Triastuti, D, A. (2018). Pengaruh lingkungan kerja, kompetensi dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen,2(2), (203-208).

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles