Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Yuvensius Laude Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Abstrak: sumber daya manusia merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mencapai sasaran perusahaan, setiap perusahaan tentunya menginginkan agar sumber daya manusia yang dimiliki dapat bekerja secara efektif dan efisien. Maka dari itu perusahaan harus memiliki nilai yang penting pada perusahaannya. Tingkat kinerja karyawan perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan membawa perkembangan bagi perusahaan dengan tingkat kecerdasan emosional yang baik dan beban kerja yang sesuai, diharapkan dapat mendukung kinerja karyawan  kreatif, inovatif dan agrasivitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan beban kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 77 responden, penentuan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pembahasan dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji T. pengujian penelitian ini menggunakan software spss versi 26. Hasil penelitian adalah pengaruh kecerdasan emosional dan beban kerja terhadap kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Maemunah, M., Nurnilawati, E., Widyawati, R., Istiningsih, I., Wahyudi, R., Mulyatun, S., & Kurnianingsih, W. (2022). Analisis Pengaruh Beban Kerja, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Amikom Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 19(01), 104-112.

Muhammad, M., Arifin, R., & Wahono, B. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Mocca Animation Studio Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15).

Pratikno, Y., & Arief, M. (2019). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Industri Keuangan Perbankan. Manajemen Pertahanan: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Pertahanan, 5(2).

Rolos, J. K., Sambul, S. A., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Jurnal Administrasi BisniS (JAB), 6(004), 19-27.

Supardi, Y. (2019). Analisis Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Nilai Hasil Belajar Peserta Didik Pada SMPN 11 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 2(2), 304-313.

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles