Analisis Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Asset Tangibility Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Energi Yang Terdaftar Di Bei

Authors

  • Cen Ceria Panjaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, growth opportunity, asset tangibility dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2020. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 66 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan sektor energi sudah terdaftar atau listing sebelum tahun 2016,memiliki data yang lengkap serta perusahaan yang tidak mengalami suspense. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 49 perusahaan diperoleh data sebanyak 245 data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap struktur modal, growth opportunity berpengaruh positif terhadap struktur modal, asset tangibility tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap struktur modal pada perusahaan Sektor Energi.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Indrajaya, G., Herlina, H., & Setiadi, R. (2012). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal: Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007. Maksi, 6(2), 220275.

Karadeniz, E., Kandır, S. Y., Iskenderoglu, O., & Onal, Y. B. (2011). Firm size and capital structure decisions: Evidence from Turkish lodging companies. International Journal of Economics and Financial Issues, 1(1), 1-11.

Liem, J. H., Murhadi, W. R., & Sutejo, B. S. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Industri Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2007-2011. Calyptra, 2(1), 1-11.

Margaretha, F. (2011). Manajemen Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Momani, G. F., Alsharayri, M. A., & Dandan, M. M. (2010). Impact of firm’s characteristics on determining the financial structure on the insurance sector firms in Jordan. Journal of social science, 6(2), 282-286.

Owolabi, S. A., Inyang, U. E., & Uduakobong, E. (2012). Determinants of capital structure in Nigerian firms: A theoretical review. eCanadian Journal of Accounting and Finance, 1(1), 7-15.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles