Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Total Asset Turnover Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Barang Baku Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Megawati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Keputusan pendanaan sangat penting bagi perusahaan karena dengan adanya dana, maka perusahaan dapat melakukan kegiatan operasional dengan lancar. Diperlukan kombinasi dalam pemenuhan dana optimal yang berasal dari sumber internal maupun eksternal yang tampak pada struktur modal perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan total asset turnover terhadap struktur modal. Penelitian ini dilakukan pada 55 perusahaan Sektor Barang Baku di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 s.d. 2020. Penelitian dengan model regresi ordinary least square (OLS). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan dan total asset turnover berpengaruh positif. Model penelitian dapat menjelaskan perubahan struktur modal sebesar 86,3 persen.

References

Seftianne & Handayani, R. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13(1), 39-56.

Sudana, I. M. (2019). Teori & Praktik Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Swartono, S. & Trijatmiko, F. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan yang Terdaftar di Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2-20.

Wardhana, I. B. J., & Mawardi, W. (2016). Analisis Pengaruh Struktur Aktiva, Asset Turnover, Growth terhadap Profitability Melalui Variabel Capital Structure Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan Consumer Goods BEI periode Tahun 2012-2014). Di Ponegoro Journal of Management, 5(2), 498-511.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Yudhiarti, R., & Mahfud, M. K. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 462-474.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles