Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Dan Total Asset Turnover Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Subsektor Tekstil Dan Garmen Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Natasya Stanni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Pertumbuhan laba akan menggambarkan kinerja keuangan perusahaan yang baik. Pertumbuhan laba dapat didukung oleh kemampuan manajemen dalam mengelola keuangan sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio, debt to equity ratio, dan total asset turnover terhadap pertumbuhan laba. Penelitian yakni enam belas perusahaan periode 2016 hingga 2020 yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian asosiatif dengan menggunakan model regresi OLS. Hasil penelitian menunjukkan current ratio, debt to equity ratio, dan total asset turnover terdapat pengaruh negatif terhadap pertumbuhan laba. Model penelitian dapat menjelaskan perubahan laba sebesar 9 persen.

References

Rusmanto. (2011). Analisis Rasio Aktivitas terhadap Pertumbuhan Laba pada PT Divo Valasindo di Surabaya. Universitas Pembangunan Nasional VETERAN Jawa Timur.

Sefiana, E. (2009). Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan yang telah Go Public. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics. Vol. 87, No. 3. (Aug,1973), pp. 355-374.

Sukamulja, S. (2017). Pengantar Pemodelan Keuangan Dan Analisis Pasar. Yogyakarta. Andi Offset.

Warsidi & Pramuka, B.A. (2000). Evaluasi Kegunaan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba di Masa yang Akan Datang, Jurnal akuntansi dan Ekonomi, Vol.2, No.1

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles