Pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Subsektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Evina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Profitabilitas bank mencerminkan kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba selama periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecukupan modal, likuiditas, dan efisiensi operasional terhadap profitabilitas pada 41 Perusahaan Subsektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah metode asosiatif kausal yang menguji tiga hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecukupan modal dan efisiensi operasional berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, sedangkan likuiditas berpengaruh positif. Model penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi dalam memberikan penjelasan pada perubahan profitabilitas sebesar 89,90 persen.

References

Prasanjaya, A. Y., & Ramantha, I. W. (2013). Analisis Pengaruh Rasio CAR, BOPO, LDR dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Bank yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1), 230–245.

Prasetyo, D. A., & Darmayanti, N. P. A. (2015). Pengaruh Risiko Kredit, Likuiditas, Kecukupan Modal, dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas pada PT BPD Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(9), 2590–2617.

Purwoko, D., & Sudiyatno, B. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bank (Studi Empirik pada Industri Perbankan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 20(1), 25–39.

Raharjo, A. W., & Elida, T. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Soares, P. & Yunanto, M. (2018). The Effect of NPL, CAR, LDR, OER and NIM to Banking Return on Asset. International Journal of Economics, Commerce and Management, 6(3), 40–55.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles