Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Mahkota Di Pontianak

Authors

  • Feronika Erni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi, motivasi kerja, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, populasi adalah karyawan Hotel Grand Mahkota di Pontianak merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perhotelan. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pada karyawan lama bekerja minimal 1 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 91 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 26, dengan pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas. Uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil pengujian secara uji kelayakan model mengindikasikan adanya pengaruh secara signifikan antara variabel komitmen organisasi, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada uji koefisien determinasi (Rsquare) yang menunjukkan kontribusi yang cukup besar.

References

Busro, M. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada media Group.

Hasibuan, S. P. (2012). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Haji Masagung.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori & Praktik). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Mangkunegara, P. A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priansa, J. D. (2016). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: ALFABETA.

Sinambela, P. L. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Organisasi: Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data, Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tannady, H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: EXPERT.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles