Pengaruh Solvabilitas, Likuiditas, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Sektor Non Keuangan Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Kevin William Gunawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perusahaan memberikan sinyal kepada publik karena memiliki informasi lengkap mengenai kondisi perusahaan. Pembagian dividen merupakan salah satu bentuk dari sinyal yang diberikan sebagai indikasi baiknya kondisi perusahaan. Semakin konsisten perusahaan membayar cash dividend, maka artinya sinyal yang diberikan semakin kuat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh dari solvabilitas, likuiditas, dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen. Objek penelitian ini adalah 83 perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode asosiatif dan menggunakan metode pengumpulan data secara data sekunder. Penelitian dengan model regresi ordinary least square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa solvabilitas dan likuiditas berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh. Perusahaan yang tidak dihadapkan dengan beban keuangan yang tinggi akan mendukungnya untuk merealisasikan pembayaran cash dividend. Di sisi lain, laba yang dihasilkan perusahaan tidak termasuk ke dalam faktor penentu utama dilakukannya pembagian dividen oleh perusahaan. Model dalam penelitian ini mampu menjelaskan kebijakan dividen sebanyak 5,9 persen.

References

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Ross, S.A. (1977). The Determination of Financial Structure: The Incentive-Signalling Approach. The Bell Journal of Economics, 8(1), 23-40.

Safitri, T.A. (2013). Asimetri Informasi dan Underpricing. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 1-9.

Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355-374.

Sudana, I.M. (2015). Teori dan Praktek Manajemen Keuangan Perusahaan, Jakarta: Erlangga.

Yasa, K.D.M. & Wirawati, G.P.N. (2016). Pengaruh Net Profit Margin, Current Ratio, dan Debt to Equity Ratio pada Dividend Payout Ratio. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(2), 921-950.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles