Pengaruh Budaya Organisasi Dan Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Pada KSP CU Tri Tapang Kasih Di Sejiram

Authors

  • Helarius Eko Prasetio Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Beberapa faktor yang diperlukan dalam suatu organiasasi antara lain adalah budaya organisasi dan knowledge sharing. Budaya organisasi bertujuan untuk membentuk perilaku karyawan agar sesuai dengan yang diinginkan sehingga memungkinkan organisasi bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Selain budaya organisasi, knowledge sharing juga merupakan faktor penting di dalam suatu organisasi. Knowledge sharing bertujuan sebagai metode untuk memberikan dan menyebarkan pengetahuan, ide, pengalaman dan skill seseorang untuk menciptakan dasar kebutuhan kerja sama da individu. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan budaya organisasi dan knowledge sharing terhadap kinerja karyawan pada KSP CU Tri Tapang Kasih di Sejiram. (2) Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada KSP CU Tri Tapang Kasih di Sejiram. (3) Untuk mengetahui pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan pada KSP CU Tri Tapang Kasih di Sejiram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat asosositif dan pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi serta kuesioner. Perangkat yang digunakan pada proses analisis ini adalah skala likert untuk menguraikan indikator-indikator yang dapat diukur. Untuk menganalisis data yang telah diperoleh, penelitian ini menggunakan statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25 sebagai alat bantu perhitungan data. Hasil dari penelitian ini adalah budaya organisasi dan knowledge sharing berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada KSP CU Tri Tapang Kasih di Sejiram, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada KSP CU Tri Tapang Kasih di Sejiram, knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada KSP CU Tri Tapang Kasih di Sejiram.

References

Judge, T. A & Robbins, S. P. (2018). Perilaku organisasi. Badan Penerbit Salemba Empat: Jakarta Selatan

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta: Bandung.

Tjahjawati, S. S. & Raharso, S. (2016). Organisasi Berbasis Pengetahuan Melalui Knowledge Sharing. Badan Penerbit Alfabeta: Bandung.

Wibowo. (2012). Manajemen Perubahan. Edisi Ketiga. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles