Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Rasio Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Machinery Yang Terdaftar Di Divisi Pasar First Section Tse

Authors

  • Christover Leondo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas dan rasio hutang terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan Machinery, First Section, TSE, yang berjumlah 156 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, dan diperoleh 110 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik Inferential Statistical Analysis dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan rasio profitabilitas berpengaruh negatif, dan rasio hutang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan pada pengaruh rasio profitabilitas terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berperan sebagai Predictor Moderator. Sementara pada pengaruh rasio hutang terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berperan sebagai Quasi Moderator. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya untuk melibatkan faktor perilaku investor dan keputusan investasi pada pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dan mencoba membahas ukuran perusahaan sebagai variabel independen.

References

Ross, S.A., Westerfield, R.W., Jordan, B.D., Lim, J., dam Tan, R. (2015). Pengantar Keuangan Perusahaan, Edisi Global Asia Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I.M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori & Praktik. Surabaya: Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Yusuf (2014). Pengaruh Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA) Dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 190-204.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles