Analisis Pengaruh Earning Per Share, Return On Equity, Dan Debt To Asset Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Farmasi Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Giofanny Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh earning per share, return on equity, dan debt to asset ratio terhadap harga saham Subsektor Farmasi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebelas perusahaan dan sampel berjumlah sembilan perusahaan. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria, yaitu perusahaan subsektor farmasi yang Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia sebelum tahun 2013. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik. Kemudian, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa EPS berpengaruh positif terhadap harga saham, ROE berpengaruh negatif terhadap harga saham, sedangkan DAR tidak berpengaruh terhadap harga saham.

References

Saputra, I., & Mayangsari, S. (2018). Pengaruh Rasio Keuangan, Aksi Korporasi dan Faktor Fundamental Ekonomi Makro terhadap Harga Saham. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti Vol, 5(1), 89-114.

Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi. Yogyakarta: Kanisius.

Widjiarti, K. U., & Anggraeni, R. D. (2018). Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR), Total Asset Turnover (TATO), Return on Asset (ROA), dan Earning per Share (EPS) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Indeks Lq 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Teknologi, 10(2), 1-16.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Zulkarnain, Laekkeng, M., & Djamereng, A. (2021). Pengaruh Current Ratio, Return on Equity, Earning per Share dan Debt to Equity terhadap Harga Saham pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tata Kelola, 8(2), 249-267.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles