Analisis Pengaruh Struktur Modal, Total Asset Turnover, Dan Firm Size Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan Batu Bara Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Willy Hermawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara struktur modal, total asset turnover, dan  firm size terhadap profitabilitas. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) sebelum tahun 2016 dan tidak mengalami suspensi selama periode penelitian. Berdasarkan kriteria tersebut maka diperoleh sembilan belas perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel dari 22 perusahaan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian asosiatif, pengolahan data menggunakan program Statistical Product and Services Solution (SPSS) versi 23. Hasil R2 dalam penelitian ini adalah sebesar 0,592 atau 59,2 persen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa struktur modal tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, total asset turnover mempunyai pengaruh positif terhadap profitabilitas, dan firm size tidak memiliki berpengaruh terhadap profitabilitas.

References

Syamsuddin, L. (2020). Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tan, M., & Hadi, S. (2020). Pengaruh CR, DER, TATO, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 5(1), 58-69.

Violita, R. Y., & Sulasmiyati, S. (2017). Pengaruh Struktur Modal terhadap Profitabilitas (studi pada Perusahaan Food and Baverages yang Terdaftar di BEI tahun 2013-2016). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 138-144.

Werdiningtyas, R. (2019). Analisis Pengaruh Receivable Turnover (RTO), Inventory Turnover (ITO), Working Capital Turnover (WCTO), dan Total Asset Turnover (TATO) terhadap Profitabilitas pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2017. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah: Journal Science of Economic and Shariah Banking, 8(1), 19-29.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles