Pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol Pada Perusahaan Sektor Energi Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Jiuka Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Enterprise Risk Management (ERM) dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan karena telah menerapkan pengelolaan risiko untuk mengendalikan berbagai jenis risiko yang disebabkan oleh ketidakpastian yang ada. Penerapan Enterprise Risk Management (ERM) dipandang baik oleh investor karena telah memberikan informasi mengenai bagaimana perusahaan melakukan pengelolaan terhadap risiko sehingga investor dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2016-2020 dengan sampel sebanyak 46 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Enterprise Risk Management (ERM) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sabagai variabel kontrol, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sebagai variabel kontrol.

References

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarma, M. (2004). Pengaruh Stuktur Kepemilikan Saham, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Stuktur Modal dan Nilai Perusahaan. Ringkasan Disertasi, Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya, Malang. 89.

Sujianto, A.E. (2001). Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Struktur Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2(2).

Sujoko & Soebiantoro. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Leverage Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 41-48.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles