Pengaruh Return On Assets, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Magdalena Yupita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan laba perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdapat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh dari Web Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah tiga puluh perusahaan dan sampel berjumlah tujuh belas perusahaan. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang IPO (Initial Public Offering) sebelum tahun 2014 dan tidak mengalami suspensi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini, yaitu nilai Adjusted R Square sebesar 0,240 atau 24 persen. Nilai signifikansi dari return on assets sebesar 0,735. Nilai signifikansi dari pertumbuhan penjualan sebesar 0,001. Nilai signifikansi dari ukuran perusahaan sebesar 0,701.

References

Silviana, R. dan Asyik, N.F. (2016). “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Perubahan Laba”. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, Vol. 5, No. 1, Januari, Hal. 21.

Subramanyam, K.R. & Wild, J.J. (2012). Analisis Laporan Keuangan (Edisi 10, Jilid 1). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamni, G. & Martunis. (2013). “Pengaruh Opm, Roe Dan Roa Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Kebangsaan, Vol.2, No.4, Juli, Hal. 9.

Ulfa, dan Retnani. (2018). “Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Tingkat Inflasi dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Perubahan Laba”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 7, Nomor 3, Maret, hal.15.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles