Pengaruh Struktur Aset, Profitabilitas, Tingkat Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI

Authors

  • Tia Monica Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur aset, profitabilitas, dan tingkat pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menentukan kriteria dalam pengambilan sampel perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang IPO sebelum tahun 2013 dan tidak mengalami suspensi dari tahun 2013 hungga 2020. Populasi dalam penelitian ini terdapat 71 perusahaan dan 54 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aset dan tingkat pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal.

References

Rumasukun, Sitti Nur Annisa. Nurwidianto. & Soukotta, Agnes (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Cakrawala Manajement Business Journal : 2(2), 418-426.

Sawitri, Ni Putu Yuliana Ria. & Lestari, Putu Vivi. (2015). Pengaruh Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Unud : 4(5), 1239-1251.

Sudana. I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Surabaya: Gelora Aksara Pratama.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Wulandari, Ni Putu Intan. & Artini, Luh Gede Sri. (2019). Pengaruh Likuiditas, Non-Debt Tax Shield, Ukuran perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen : 8(6), 3560-3589.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles