Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Total Aset Turn Over Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Return On Aset Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Sektor Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Andreas Anderson Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio, total aset turn over, dan return on aset terhadap nilai perusahaan, untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio dan total aset turn over  terhadap return on asset, untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio dan total aset turn over terhadap nilai perusahaan melalui return on asset. Populasi dalam penelitian ini yaitu 87 perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia dan sampel 61 perusahaan dengan penentuan berdasarkan purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang melakukan IPO setelah tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan secara observasi nonpartisipan. Data dianalisis dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t, dan analisis jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, total asset turn over berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, return on asset berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on asset, total asset turn over berpengaruh negatif terhadap return on asset, return on asset tidak memediasi pengaruh antara debt to equity ratio terhadap nilai perusahaan, return on asset memediasi pengaruh antara total asset turn over terhadap nilai perusahaan. Penulis menyarankan untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat mempertimbangkang variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini dan menggunakan Teknik analisis yang berbeda untuk menguji.

References

Sirait, P. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Ekuilibria.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2019). Manajemen Keuangan : Teori, Apikasi, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Utami, R. B & Prasetiono. (2016). Analisis Pengaruh TATO, WCTO, dan DER terhadap Nilai Perusahaan dengan ROA sebagai Variabel Intervening. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. 13(1), 28 – 42.

Wijaya & Sedana. (2015). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Unud, 4(12).

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles