Analisis Pengaruh Komunikasi Atasan Pada Bawahan Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Grand Mahkota Di Pontianak

Authors

  • Petrus Kiam Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara komunikasi atasan pada bawahan dan etos kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak, (2) Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi atasan pada bawahan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh antara etos kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini sebanyak 93 responden pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling jenuh. Pembahasan menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji f, uji t dan uji koefesien determinasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian yang diperoleh adalah komunikasi atasan pada bawahan  dan etos kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak, komunikasi atasan pada bawahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Grand Mahkota Pontianak, etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak. Peneliti menyarankan agar pimpinan Hotel Grand Mahkota di Pontianak untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan komunikasi atasan pada bawahan, etos kerja dan kinerja karyawan agar perusahaan dapat menjadi lebih baik.

References

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Robbins, S. P. dan Judge, T. A. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Salamun, Diyak Fitriyani, Ocky Sundari, Johnson Dongoran. Persepsi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etos Kerja Pegawai Kecanatan Sidorejo Salatiga. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol.8, no.1 2019. Hal 27.

Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Wibowo. Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Wirawan. Budaya dan Iklim organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles