Analisis Pengaruh Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Stevany Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh risiko bisnis, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan sektor infrastruktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah  57 perusahaan sektor infrastruktur di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 28 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan analisis linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal dan risiko bisnis tidak berpengaruh terhadap struktur modal pada perusahaan sektor infrastruktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 sampai dengan tahun 2020.

References

Subramanyam, K.R. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan Teori Konsep & Aplikasi. Edisi Pertama, Cetakan Kesembilan. Yogyakarta: EKONISIA Falkutas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Swartono, Sapto &Trijatmiko Fajar. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan yang Terdaftar di Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (Periode 2011-2015). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, h: 1-20.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles