Pengaruh Return On Equity, Loan To Deposit Ratio, Dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Verry Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ROE, LDR, dan CAR terhadap nilai perusahaan. Peneliti menggunakan Price to book value untuk mengukur nilai perusahaan, rasio Return on Equity (ROE) untuk mengukur kinerja keuangan,  Loan to Deposit Ratio (LDR) untuk mengukur likuiditas perusahaan, dan rasio Capital Adequcy Ratio (CAR) untuk menilai kecukupan modal. Sampel penelitian yang digunakan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2015 sampai dengan 2020. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, didapati 36 perusahaan yang memenuhi kriteria dari 45 perusahaan yang ada. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil analisis statistik yang dilakukan, diketahui bahwa capital adequacy ratio tidak memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan return on equity memberikan pengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan loan to deposit ratio memberikan pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.

References

Murni, Sri, dan Harijanto Sabijono. (2018). Peran Kinerja Keuangan Dalam Menentukan Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 5(2), 97 – 107.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Situmorang, Christina Verawaty. (2018). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Simantek, 2(3), 2018, 82 – 91.

Sondakh, Priska, Ivonne Saerang, dan Reitty Samandi. (2019). Pengaruh Struktur Modal (ROA, ROE, dan DER) Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Sektor Properti yang Terdaftar di BEI (Periode 2013 -2016). Jurnal EMBA: 7(3), 3179 – 3088.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles