Pengaruh Daya Tarik Produk Tabungan, Brand Trust, Dan Kinerja Layanan Terhadap Keputusan Menabung Anggota Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Di Pontianak

Authors

  • Filliana Hirma Onaliras Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya Tarik Produk, Brand Trust, Kinerja Layanan terhadap Keputusan Menabung Anggota Pada CU Khatulistiwa Bakti Di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), kuesioner (angket), dan studi dokumenter. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil uji F menunjukan variabel daya tarik produk, brand trust, kinerja layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung anggota yang dapat diketahui dari nilai Fhitung yaitu 17.610 lebih besar dari nilai Ftabel 2,70. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel daya tarik produk, brand trust, kinerja layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung anggota diketahui nilai thitung  sebesar 4,132 untuk variabel daya tarik produk, 2,067 untuk variabel brand trust, 2,184 untuk variabel kinerja layanan, sehingga seluruh thitung  lebih besar dari ttabel  yaitu sebesar 1,160. Adapun saran yang bisa penulis berikan kepada pihak CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak yaitu dapat meningkatkan daya tarik produk dari berbagai aspek, dapat menjaga kepercayaan anggota dengan tetap menjaga reputasi CU, dan tetap memberikan layanan yang berkualitas kepada anggota.

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles