Analisis Pengaruh Produk Kompetitif, Daya Tarik Lokasi Dan Kinerja Layanan Terhadap Minat Beli Pada Restoran American Fried Chicken Pontianak

Authors

  • Willy Brordus Willy Gideon Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk kompetitif, daya tarik lokasi dan kinerja layanan terhadap minat beli pada restoran American Fried Chicken Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan restoran American Fried Chicken. Dalam penelitian ini ditarik sampel sebanyak 100 data yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling purposive, jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa software statistical Program For Social Science (SPSS) versi 22. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa variabel produk kompetitif, daya tarik lokasi dan kinerja layanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada pihak restoran adalah pihak restoran perlu mengoptimalkan serta menjaga kualitas produk yang hendak ditawarkan kepada konsumen, menyediakan billboard agar restoran mudah ditemukan dan dikenali serta menyediakan lahan parkir kendaraan yang luas, memberikan dan mempertahankan pelayanan yang optimal, melengkapi dan menyediakan layanan fasilitas yang memadai, serta tersedianya jaringan internet gratis bagi pelanggan. Dengan demikian apabila seluruh proses tersebut sudah dilaksanakan sepenuhnya maka akan berpengaruh positif pada minat beli.

Downloads

Published

2023-10-31

Issue

Section

Articles